Senin, 04 Februari 2019

TEKNIK PEMBESARAN IKAN GABUS


Ikan gabus (Chana Striata) dikenal dengan nama daerah kutuk (Jawa), Haruan (Kalimantan). Dalam bahasa inggris disebut Common snakehead yang berarti kepala ular. Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang potensial untuk dibudidayakan karena kandungan gizinya yang kaya akan albumen. Albumen sangat diperlukan bagi para pasien dalam masa penyembuhan pasca operasi.

Budidaya Ikan Gabus

Ada beberapa komponen yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan kegiatan usaha pembesaran ikan gabus yaitu :

  1. Benih
Benih ikan gabus bisa didapat dari hasil pemijahal di Balai perikanan atau dari tangkapan alam. Jumlah benih saat penebaran yaitu 100 – 150 ekor per m3  air. Dalam usaha pembesaran ini sebaiknya ukuran benih yang digunakan harus seragam. Keseragaman ini untuk menghidari saling mangsa antara benih.

  1. Tempat budidaya
Untuk pembesaran ikan gabus bisa menggunakan kolam air tenang, kolam terpal, karamba, maupun karamba jaring apung.

  1. Pakan
Pakan utama ikan gabus adalah anak ikan nila, limbah ikan, ikan sepat, keong, cacing tanah ataupun pakan tambahan berupa pelet berprotein tinggi, lebih dari 30%. Pakan ikan gabus harus tercukupi untuk mengurangi sifat kanibalisme pada ikan gabus.

  1. Pengelolaan kualitas air
Air harus bisa diganti dengan jumlah yang cukup agar kondisi kualitas air  tetap berada pada kondisi optimum. Jika pemeliharaan dikolam air tenang, yang harus diperhatikan adalah sisa-sisa pakan dan kotoran ikan di dasar kolam harus selalu dibersihkan .

  1. Pencegahan penyakit
Untuk menjaga ikan tidak terserang penyakit, gunakan probiotik. Selain menjaga timbulnya penyakit probiotik juga menjaga agar pH, kandungan amonia, dan DO tetap pada kisaran optimal.

Pemeliharaan dan pemberian pakan
Kunci utama dalam pemeliharaan ikan gabus adalah tersediannya asupan makanan baik berupa pakan alami atupun pakan buatan (pelet). Cara lain dalam memelihara ikan gabus dapat dikpmbinasikan dengan ikan nila atau mujair sebab ikan tersebut mudah berkembang biak. Anak-anak nila dan mujair inilah yang akan menjadi pakan alami ikan gabus.

Panen
Ikan gabus dapat dipanen setelah berumur 6-10 bulan. Panen dapat dilakukan dengan menyerok ikan atau dengan membuang air kolam baru kemudian ikannya diambil.

SUMBER:
Ciptanto, Sapto. Top 10 ikan air tawar (Yokyakarta: Lily Publisher 2010)
Saparinto,Cahyo. Grow you own fish/ panduan praktis pembesaran 13 ikan konsumsi populer di pekarangan (Yogyakarta:Lily Publisher 2013)
Daun ijo.com/budidaya-ikan-gabus-cara perawatan benih-hingga-umur 2-3-bulan/foto



1 komentar: