Jumat, 21 September 2018

CARA MEMBUAT DODOL RUMPUT LAUT




PENDAHULUAN
Dodol merupakan makanan tradisional yang banyak diproduksi oleh masyarakat di berbagai daerah. Perbedaan dodol rumput laut dengan dodol biasa terletak pada bahan dasar yang digunakan. Dodol biasa dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras ketan, sedangkan dodol rumput laut diolah dengan menggunakan bahan dasar rumput laut.
Banyak manfaat yang diperoleh dari dodol rumput laut diantaranya adalah banyak mengandung dietary fiber, yaitu serat   makanan   yang   tidak   dapat   dicerna   oleh   enzim pencernaan  manusia.     Hal  tersebut  menyebabkan  dodol rumput laut memeiliki kelebihan yang sama dengan manisan rumput laut.
Dodol rumput laut diolah dengan menggunakan bahan utama rumput laut jenis Eucheuma cottonii.Dodol rumput laut berwarna  coklat  kemerahan,  kenyal,  agak  bening  karena kandungan karagenannya.
Dodol umumnya mempunyai sifat elastis, padat dan daya awet bervariasi.    Karakteristik bahan penyusun dodol ditentukan oleh komposisi bahan-bahan yang dikandungnya dan proses pemasakannya.
Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan dodol rumput laut selain rumput laut kering adalah gula dan bahan tambahan lainnya seperti garam dan air perasan jahe.  Selain itu, ada juga daerah yang menggunakan bahan-bahan tambahan lain seperti santan kelapa dan vanili.
BAHAN-BAHAN
1.    Rumput laut kering (E. cottonii) kadar air 32%      100%
2.    Air 50% dari bahan
3.    Gula pasir 25% dari bahan
4.    Susu 25% dari bahan
5.    Garam 5% dari bahan
6.    Vanili  1% dari bahan
1.    Pewarna alami (food grade)  1% dari bahan

ALAT-ALAT
1) Wajan
2) Baskom
3) Sendok
4) Kompor
5) Blender
6) Oven
7) Nampan/wadah cetakan
8) Wadah pencucian
9) Pisau
10) Talenan

MENGOLAH DODOL RUMPUT LAUT
Secara garis besar pengolahan rumput laut menjadi dodol meliputi tahap persiapan, pemasakan, pengentalan, pemotongan, penjemuran/pengeringan, dan pengemasan. Teknologi modifikasi dodol rumput laut skala industri adalah sebagai berikut.
1.    Menyiapkan bahan baku:
o  Rumput laut kering (kadar air 32%) direndam dengan air dingin selama 48 jam.
o  Lakukan penggantian air perendaman setiap 24 jam.
o  Perendaman dianggap cukup jika thallus rumput laut sudah          mengembang,   lunak   dan   dapat   dipotong dengan jari tangan.
2.    Pelumatan bahan baku;
o  Timbang sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam blender.
o  Blender   dengan   kecepatan   sedang,   kemudian lanjutkan dengan kecepatan tinggi hingga hancuran rumput laut benar-benar halus.
3.    Pada waktu yang bersamaan panaskan santan dan gula pasir sampai mendidih. Santan diambil dari satu buah kelapa yang diparut dan diperas dengan penambahan air 25%  dari  jumlah  air  yang  digunakan,  perbandingan rumput laut dengan gula 1 : 1.
4.    Setelah  santan  keluar  minyaknya,  masukkan  bubur rumput laut dan tambahkan air dengan volume 4 bagian dari rumput laut. Selama pemasakan, pengadukan terus dilakukan agar adonan dapat tercampur merata.
5.    Hentikan  setelah  adonan  (kalis)  matang,  kemudian angkat dan masukkan ke dalam loyang sampai menjadi padat atau mengeras.
6.    Potong-potong dodol rumput laut yang sudah mengeras dengan ukuran 1 X 4 cm dan ketebalan 1 cm.   Dodol kemudian dikeringkan selama 3 - 4 hari, lalu dikemas dalam plastik dan siap dipasarkan.

MENGEMAS DODOL RUMPUT LAUT
Setelah produk dodol rumput laut didinginkan, selanjutnya produk  dodol  rumput  laut  dikemas.  Pengemasan menggunakan plastik polyetylene (PE) dengan jumlah tertentu tergantung pemasarannya. Langkah pengemasan sebagai berikut;
1)    Potongan  dodol  dibungkus  dengan  lembaran  plastik transparan
2)    Dodol  dalam  kemasan  plastik  selanjutnya  dikemas dalam inner karton dengan berat 250gr.
3)    Kemasan inner karton kemudian dikemas dalam master karton sesuai ukuran.
4)    Kemasan master karton disimpan dalam suhu ruangan untuk selanjutnya didistribusikan.
5)    Catatan: saat ini banyak juga dodol rumput laut yang telah dibungkus kemudian dikemas dalam anyaman seperti          bentuk   parsel   sebagai   bentuk   penganeka- ragaman kemasan saat pemasaran.

Sumber :https://kawankyaizul2.wordpress.com/2017/04/01/cara-membuat-dodol-rumput-laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar