Selasa, 05 Maret 2019

Manajemen Bisnis Perikanan


A.       Pengertian dan Fungsi Manajemen
Secara umum, manajemen merupakan cara mengatur satu atau beberapa faktor yang menunjang jalannya usaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam kehidupan sehari-hari, manajemen sangat diperlukan agar tidak terjadi benturan antara masing-masing faktor yang menyebabkan tujuan tidak tercapai.
Adapun fungsi-fungsi manajemen yang terdapat dalam sebuah usaha perikanan, antara lain sebagai berikut :
  1. Perencanaan
Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses-peroses yang penting dari semua fungsi manajemen sebab tanpa perencanaan  (planning) fungsi pengorganisasian, pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan.
Rencana (planning) dapat berupa rencana informal ataupun rencana formal. Rencana informal adalah rencana-rencana yang tak tertulis dan bukan merupakan dari tujuan bersama anggota organisasi. Sedangkan definisi dari rencana formal adalah rencana yang tertulis yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam jangka waktu tertentu.
Rencana formal adalah rencana bersama anggota-anggota korporasi, artinya setiap anggota harus mengetahui serta menjalankan rencana tersebut. Rencana formal dibuat sbagai untuk mengurangi ambiguitas & menciptakan kesepahaman mengenai apa yang harus dilakukan.

Fungsi ini merupakan tindakan untuk sasaran dan arah yang akan dicapai. Dalam perencanaan dituntut kemampuan untuk meramalkan, mewujudkan, dan melihat kedepan dengan landasan tujuan tertentu.


  1. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Pengorganisasian (Organizing) adalah suatu langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur berbagai macam kegiatan yang di pandang. Seperti bentuk fisik yang tepat bagi suatu ruangan kerja administrasi, ruangan laboratorium, serta penetapan tugas dan wewenang seseorang pendelegasian wewenang dan seterusnya dalam rangka untuk mencapai tujuan.
Struktur Organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi diolah. Struktur organisasi terdiri atas unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.


Pengertian Pengorganisasian dan Prinsip Pengorganisasian
Fungsi ini merupakan tindakan mengatur dan membagi-bagi bidang pekerjaan antara kelompok yang ada.
  1. Penggerakan
Merupakan tindakan untuk merangsang anggota agar melaksanakan tugas yang telah direncanakan
  1. Pengawasan
Fungsi ini merupakan tindakan untuk mengawasi aktivitas yang terkait agar dapat berjalan sesuai rencana.
Agar manajemen dapat mencapai tujuan, diperlukan sarana-sarana pendukung. Sarana pendukung tersebut terdiri dari manusia. uang, bahan,  alat, dan pasar. Tanpa adanya sarana-sarana tersebut, manajemen tidak akan mencapai tujuan ataupun fungsinya.

B.       Aspek-aspek yang memerlukan manajemen
Dalam bisnis perikanan, ada beberapa aspek utama yang sangat memerlukan manajemen. Aspek utama yang penting diperhatikan dan memerlukan manajemen yang tepat antara lain sebagai berikut :
  1. Aspek Produksi
Dalam aspek produksi, kegiatan manajemen diterapkan pada proses produksi. Manajemen produksi mencakup perencanaan produksi dan pengendalian proses produksi. Selama proses produksi berlangsung, kegiatan manajemen diperlukan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan persiapan dan proses produksi, baik jangka pendek, menengah, atau panjang. Dengan demikian diharapkan pengusaha dapat berproduksi lebih efisien. Dengan efisesiennya kegiatan produksi, tentu akan menekan biaya produksi itu sendiri sehingga pelaku usaha akan meningkmati keuntugan yang lebih besar.

  1. Aspek pemasaran
Manajemen pemasaran mencakup kegiatan untuk mendistribusikan hasil produksi ketangan konsumen.
Dengan melakukan manajemen pemasaran yang baik, sebuah perusahaan akan menentukan kelompok masyarakat yang akan menjadi sasaran pemasaran, melihat ada tidaknya persaingan, dan menentukan strategi pemasaran yang harus dijalankan.
  1. Aspek Keuangan
Manajemen keuangan meliputi kegiatan mengelola keuangan dalam suatu usaha.  Didalamnya sudah termasuk pula cara mendapatkan dan mengalokasikan dana untuk suatu rangkaian usaha atau bisnis.


SUMBER:
Tim Penulis. Agribisnis Perikanan edisi Revisi. Penebar swadaya. Jakarta : 2007

SoraN. 2014. Pengertian Perencanaan. (Planning) Secara Lengkap. http://www.pengertianku.net/2014/07/pengertian-perencanaan-planning.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar