Jumat, 26 Oktober 2018

Mina Padi Kelompok Jambu Habang II Desa Serawi

     Kegiatan Mina Padi Di Desa Serawi Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin tahun 2018. Usaha Minapadi telah digeluti oleh anggota kelompok sejak beberapa tahun terakhir. Usaha ini memberikan keuntungan bagi petani di Desa Serawi, selain dari hasil padi lahan pertanian meraka juga menghasilkan ikan. Komoditas yang dikembangkan berupa ikan mas dan nila.

Persiapan  Mina Padi
Luas lahan yang dikembangkan oleh kelompok Tani Jambu Habang II saat ini mencapai 3 Ha. Potensi lahan yang dapat dikembangkan mencapai 10 Ha. Beberapa kendala yang dihadapi oleh kelompok ini diantanya adalah pembuatan tanggul yang belum maksimal, adanya hama biawak dan kesulitan air menjelang kemarau. Untuk Mengatasi Kekurangan air, petani memanfaatkan sumur bor untuk menambah pasokan air.

Kegiatan Mina Padi dilakukan dengan tahap persiapan lahan, penanaman padi, penembaran benih ikan. Pada kegiatan percontohan tahun 2018 digunakan lahan seluas 1 ha dengan jumlah tebar benih ikan sebanyak 40.000 ekor benih nila.

Penebaran Benih Ikan Nila
Harapan kedepan potensi pengembangan Mina padi di Kecamatan Tapin Tengah dapat ditingkatkan lagi. Melalu pembinaan yang terstruktur dan berkelanjutan oleh pihak terkait tentunya akan memberikan dampak positif bagi kelompok tani Jambu Habang II ke depan.



Oleh: Norhidayah, S.Pi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar