Jumat, 27 Juli 2018

BUDIDAYA IKAN TOMAN



Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan yang cukup popular di Indonesia. Ikan yang satu ini tergolong dalam jenis ikan gabus (snake head). Banyak orang yang menggemari ikan toman dengan tampilannya yang cantik dan menawan saat masih kecil. Ikan toman ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Tak jarang jika banyak orang yang membudidayakan ikan yang satu ini. 

Peluang usaha budidaya ikan toman memang bisa dikatakan sangat menjanjikan. Dimana bisnis budidaya ikan toman ini terbilang sangat menguntungkan. Bisnis budidaya ikan toman mampu mendatangkan keuntungan dengan nilai yang fantastis. Pasalnya ikan toman ini memiliki nilai jual tinggi serta pangsa pasar ikan ini terbilang mudah.
Untuk memulai budidaya ikan toman  ini tidak sulit, bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Budidaya dapat dilakukan di kolam terpal, tanah dan karamba.
Budidaya ikan toman di kolam terpal maupun di kolam dari tanah serta karamba dapat dikerjakan dengan hasil yang memuaskan. Bahkan juga budidaya ikan toman dapat dikerjakan di akuarium bila ikan tersebut akan dijadikan ikan hias dan tidak mempunyai tempat yang dapat dipakai lagi. Lantaran pada intinya ikan toman ini yaitu  dapat berfungsi sebagai ikan hias yang umum menghiasi akuarium dan juga ikan konsumsi . Akan tetapi, ikan ini dapat menggapai 15 kg beratnya,serta ikan ini merupakan sebagai satu diantara ikan buas dalam keluarga gabus. Walau ikan toman merupakan ikan yang bisa di budidayakan di kolam, tetapi baiknya kolam di buat dengan sangatlah kuat dan aman dikarenakan ikan ini adalah ikan predator yang sangat kuat.
Untuk membudidayakan ikan toman, jadi makanan yang cocok yaitu ikan kecil, atau katak. Dengan makanan ini, ikan toman dapat berkembangbiak dengan baik serta cepat tumbuh besar. Dikarenakan ikan toman adalah ikan predator yang kuat, ia bahkan juga dapat bertahan dengan hidup di daratan seperti diatas lumpur. Cara Budidaya ikan toman yang sukses dengan baik dapat mempunyai nilai jual yang tinggi.
Cara Budidaya ikan toman di keramba dapat juga dikerjakan dengan baik jika memperoleh cukup makanan. Keramba bakal merasa lebih alami dari pada terpal, hingga ikan toman dapat hidup lebih bebas disana. Anda tinggal memberi ikan kecil yang bakal jadi santapannya setiap waktu. Hingga dengan demikian, ikan toman bakal tumbuh dengan baik serta cepat panen dengan berat yang cukup untuk di jual dipasaran
Budidaya ikan toman  baiknya diawali dari benih ukuran kecil, dikarenakan tidak cuman lebih gampang untuk pelihara ikan toman kecil juga mempunyai harga yang relatif lebih murah. Dalam keadaan masih tetap kecil, ikan ini jadikan ikan hias di akuarium. Dengan beberapa warna yang beragam macam dalam kulitnya, ikan ini jadi hiasan yang sangatlah cantik dalam akuarium.

http://www.budidayaid.com/2015/09/cara-budidaya-ikan-toman-dalam-akuarium.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar