Jumat, 06 Juli 2018

KORNET IKAN


Kornet tuna masak dadakan
Produk Kornet adalah salah satu jenis produk olahan daging sapi yang banyak digunakan dalam campuran makanan seperti nasi goreng. Selain sapi dan ayam ternyata terdapat juga jenis kornet ikan. Kornet ikan merupakan produk modifikasi dari kornet daging sapi.Kornet ikan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak sehingga dapat disajikan didalam isian sandwich.Perbedaan kornet daging sapi dengan kornet ikan yang paling mencolok adalah dari warna yang dihasilkan.Pada kornet daging sapi pada umumnya memiliki warna kemerahan sedangkan warna ikan patin berwarna putih dan sedikit merah muda karena  penambahan sedikit pasta tomat.
Bagi sebagian kalangan ibu rumah tangga, daging kornet merupakan bahan makanan yang biasa dihidangkan sebagai campuran berbagai makanan lainnya seperti perkedel, mie rebus, telur dadar, nasi goreng, spagheti dan sup tahu. 

Kalau di pasar modern atau hypermarket, biasanya kornet banyak dijumpai dalam bentuk kalengan maupun dalam kemasan plastik mini. Nah, untuk yang ingin mencoba bikin sendiri di rumah, bisa dicoba resep yang ada di bawah ini. 

Bahan Dasar : 
500 gram daging ikan segar 
9 gram garam
1,5 gram nitrit
gula 1-2% (6 gram)
susu full cream 4 sdm
air mendidih.

Bumbu :
1,5 gram merica halus
1,5 gram pala halus
1 buah tomat segar
3 siung bawang merah

Cara Membuat : 
Pembuatan kornet diawali dengan proses curing atau penggaraman. Potong-potong daging ikan menjadi ukuran kecil-kecil.  

Setelah di potong, tambahkan garam, gula pasir dan nitrit. Lanjutkan dengan mengaduk daging ikan dengan tiga bumbu tadi secara merata.

Selanjutnya, simpan daging ikan yang telah bersih tersebut selama lebih kurang 24 jam agar bumbu dan garam meresap secara merata. 

Setelah 1 hari, daging ikan yang telah dicuring, selanjutnya dicuci dengan air hingga bersih agar nitrit yang menempel pada daging ikan tidak banyak yang tertinggal. 

Tambahkan merica dan pala ke dalam daging ikan yang telah dicuring tadi. Lanjutkan dengan memasaknya menggunakan press cooker (panci 'presto') selama 30 menit sampai empuk dan airnya habis. Kornet telah jadi dan siap digunakan untuk pelengkap makan sehari-hari
Sumber :
http://www.markaindo.co.id/id/publikasi/5-macam-produk-aneka-olahan-ikan-yang-lezat/
https://www.beritasatu.com/resep/19986-membuat-kornet-rumahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar