Selasa, 09 Juli 2019

PEMBENIHAN IKAN GUPPY

Hasil gambar untuk ikan guppy
Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan dengan penampilan yang lucu dan menarik. Selain itu ikan jenis ini juga mudah sekali dikembangbiakkan dan pemeliharaannya pun tidak begitu rumit. Jika kalian tertarik dengan pengembangbiakan ikan guppy ini, sebaiknya belajar terlebih dahulu tentang berbagai hal penting yang memang bisa memberikan kalian banyak manfaat tentunya seperti masalah perawatan induk misalnya. Meskipun gampang, namun tanpa cara yang tepat, hasilnya tidak akan semaksimal yang diharapkan.

Memilih Induk Guppy
Pemilihan induk ikan guppy ini sangat berguna sekali untuk dilakukan karena memang dibutuhkan indukan yang bagus agar hasilnya pun bagus. Untuk memudahkan pemilihan, ada beberapa ciri yang bisa diketahui. Ikan guppy jantan berwarna tajam dan juga memiliki tubuh yang ramping. Untuk ikan guppy betina sendiri memiliki tubuh yang pendek dan gemuk serta warna pada tubuhnya biasanya berwarna buram. Nah setelah pemilihan induk, selanjutnya adalah pemijahan.

 Pemilihan induk Jantan dan Betina.


Hasil gambar untuk ikan guppy jantan dan betina
Guppy Jantan dan Betina


Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam budidaya ikan guppy tentu saja sepasang guppy yang akan dijadikan indukan. Untuk membedakan antara ikan jantan dan betina cukup mudah, pada ikan jantan tubuh cenderung lebih kecil dan ramping serta warna pada ikan jantan lebih cerah dan berwarna, selain itu sirip pada ikan jantan juga lebih lebar. Sedangkan pada ikan betina warna tubuh lebih polos dan memiliki tubuh yang bulat dan besar, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.
  • Pilih indukan yang berumur 4-6 bulan agar keberhasilan dan tingkat kesuksesan semakin tinggi.
  • Pilih betina yang sudah matang dan siap untuk dipijah dengan ciri tubuh yang bulat berisi telur, dan memiliki titik hitam (gravid spot) di perut bagian belakang.
  • Untuk ikan jantan pilihlah ikan yang memiliki warna cerah dan bentuk tubuh yang bagus.


Pemisahan indukan

Sebelum dipijahkan, indukan jantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu. Ikan guppy jantan dan betina ditempatkan pada wadah yang terpisah. Wadah diisi dengan air bersih dan diganti setiap 1-3 hari sekali. Pergantian air tidak perlu semua, cukup mengeluarkan sepertiga air dan menambahkannya dengan air baru.
Berbeda dengan proses pemberokan pada umumnya, pemisahan ini dilakukan dengan tetap memberi makan. Berikan makanan berupa daphnia atau moina sebanyak 2 hari sekali. Hal ini berguna agar indukan fit ketika dalam proses pemijahan.

Wadah Pemijahan.

Gambar
Wadah Pemliharaan

Untuk memijahkan guppy tidak diperlukan wadah yang besar, wadah dapat berupa kolam, aquarium, baskom atau ember. Untuk 50 liter air dapat diisi 6-10 ekor indukan dengan komposisi 1 jantan 5 betina. Letakan tempat pemijahan di tempat yang tenang dan minim gangguan.
  • Untuk keberhasilan pemijahan lebih besar bisa menggunakan komposisi 1 jantan 2 betina (trio).
  • Bila ada wadah pemijahan dapat diberikan tanaman air.


Proses Pemijahan
Yang pertama kali dilakukan saat akan memulai pemijahan adalah dengan mempersiapkan wadah atau disebut kolam pemijahan. Biasanya bisa berupa bak tembok atau bak plastik yang memiliki ukuran 1 x 1 x 0,5 m dengan aerasi lemah. Untuk air sendiri biasanya memiliki pH sekitar 6-7 dan dengan rata-rata suhu 24-28 derajat celsius. Siapkan juga substrat atau kekaban yang berguna untuk tempat menempel telur serta tempat dimana ikan jantan dan betina akan bercumbu.
Setelah proses persiapan yang selanjutnya adalah proses pemijahan yakni dengan rasio jantan dan betina sebesar 1:2 dan dilakukan secara massal. Setiap 50 liter air, masukkan 15 ekor indukan dan begitu kelipatannya. Perhatikan saja apakan guppy jantan dan betina sudah siap memijah, karena biasanya pemijahan bisa dilihat dengan jelas, yakni biasanya guppy jantan akan mengejar-ngejar. Guppy betina dan juga menanduk-nanduk bagian anus si betina, jantan juga sering kali menempelkan tubuhnya ke tubuh betina.
Setelah terjadi pemijahan maka telur akan muncul dan lalu diteruskan dengan penetasan. Setelah itu maka akan muncul larva-larva baru. Nah setelah 4-7 hari anak-anak ikan guppy biasa berenang di permukaan air. Nah jika sudah begitu pisahkan saja dari induknya dan hal selanjutnya yang harus dilakukan ialah perawatan telur dan larva serta anakan dengan menjaga kebersihan kolam penetasan dan pemeliharaan guppy agar terhindar dari serangan penyakit.

Merawat Telur, Larva Dan Anak Guppy

Kebersihan kolam perawatan anak guppy sangat harus diperhatikan. Serangan jamur biasa ditemui dan ini menjadi salah satu kendala dalam melakukan pembenihan guppy. Nah untuk bisa menghindarkan anak-anak guppy ini dari serangan jamur, pilih saja media pemeliharaan telur dengan melarutkan MGO dan juga MB pada air dimana telur tersebut akan ditetaskan. Biasanya setiap induk akan menghasilkan 10-50 ekor dan setelah siap, anak-anak guppy tersebut bisa dipindahkan ke wadah lain yang sudah kalian siapkan sebelumnya.
Pemberian pakan bisa diberikan saat umur 5-7 hari dan biasanya berupa infusoria. Dalam wadah juga diperlukan tanaman air seperti enceng gondok untuk melindungi anak ikan. Nah dengan proses-proses tersebut dan melakukannya dengan benar maka hasilnya akan sangat baik dan juga sangat berguna pastinya untuk menghasilkan benih baru ikan guppy.

Penetasan benih

Wadah penetasan diisi air bersih bersih dan diberi aerasi. Pemberian aerasi jangan terlalu kuat agar tidak menganggu larva ikan. Kualitas air harus terus dipertahankan dengan cara mengganti sepertiga air dengan air baru setiap 1-3 hari sekali. Pemberian pakan untuk induk setiap 2 hari sekali berupa daphnia atau moina.
Ikan guppy merupakan ikan yang melahirkan. Embrio tumbuh di dalam perut hingga siap untuk dilahirkan. Lama kehamilan, terhitung mulai dari pemijahan hingga kelahiran berlangsung 3-4 minggu.
Ciri-ciri ikan guppy yang hamil bisa dilihat setelah 2 minggu sejak pemijahan. Tandanya ada area gelap di bagian bawah anus (bercak kelahiran) dan perutnya sedikit mengembung. Apabila tidak ada ciri-ciri hamil, ambil indukan untuk dipijahkan kembali.
Ikan guppy betina mempunyai kemampuan menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga si betina bisa hamil hingga 1-3 kali dalam satu kali pembuahan. Waktu yang diperlukan dari kehamilan pertama ke kehamilan berikutnya sekitar 1-5 minggu.
Dalam satu kelahiran, ikan guppy bisa menghasilkan 30-100 anakan. Anak ikan tersebut harus segera dipindahkan ke tempat pendederan. Bila tidak, bisa-bisa menjadi santapan induk yang kelaparan.

Pendederan benih

Kolam pendederan sebaiknya ditempatkan di ruang terbuka. Sinar matahari diperlukan untuk membentuk warna yang cemerlang pada tubuh ikan guppy. Biasanya para pembudidaya menggunakan bak semen berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai wadah pendederan.
Tambahkan tanaman air seperti hydrilla atau eceng gondok untuk tempat berteduh. Berikan aerasi pada kolam pendederan. Isi kolam dengan air setinggi 40 cm. Air perlu diperbarui setiap 3 hari sekali.
Pakan yang bisa diberikan untuk anak ikan berumur hingga 5 hari adalah infusoria. Setelah itu, anak ikan bisa diberi artemia (udang renik) atau kutu air (daphnia dan moina) yang sudah disaring. Setelah lewat 20 hari, baru bisa diberikan kutu air tanpa disaring atau cacing sutera.
Ikan yang telah berumur 20 hari sudah bisa dipilah antara jantan dan betina. Hanya ikan jantan yang laku sebagai ikan hias. Sedangkan ikan betina digunakan sebagai indukan dan sisanya terkadang dibuang. Ikan guppy bisa dikatakan dewasa dan bisa bersaing dengan kawanannya setelah berumur satu bulan.
Kesuksesan budidaya ikan guppy ditentukan dengan banyaknya kelahiran ikan jantan. Karena hanya ikan jantan yang diminati sebagai ikan hias akuarium. Ikan jantan memiliki sirip yang lebar dan warna -warna atraktif. 




SUMBER :

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus