Selasa, 16 Juli 2019

MENGENAL JENIS IKAN CUPANG

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
Ikan cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar dari daerah tropis. Banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di alam bebas ikan ini hidup berkelompok. Habitatnya ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang arusnya tenang.
Salah satu keistimewahan ikan cupang adalah daya tahannya. Sanggup hidup dalam lingkungan air minim oksigen. Bisa dipelihara dalam toples kecil tanpa menggunakan aerator. Kemampuan ini didapat karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada paru-paru manusia. Labirin tersebut bisa membuatnya bertahan pada lingkungan miskin oksigen.

Jenis ikan cupang

Dilihat dari kecamata para pehobi dikenal dua macam ikan cupang, yakni cupang hias dan cupang adu. Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna dan gerakannya. Sedangkan cupang adu dipelihara untuk di adu. Perlu diketahui, di beberapa negara mengadu cupang termasuk tindakan ilegal.

Cupang hias dan cupang adu dibedakan berdasarkan bentuk dan sifat agresifitasnya. Masyarakat ilmiah mencatat lebih dari 73 spesies ikan cupang yang ada di bumi ini. Namun tidak semua dari spesies tersebut populer sebagai ikan peliharaan. Spesies ikan cupang yang beredar di pasaran kebanyakan berasal dari kelompok splendens complex, yang terdiri dari Betta splendensBetta stiktosBetta mahachaiBetta smaragdina dan Betta imbellis. Serta varian hasil silangan dari spesies-spesies tersebut.

Klasifikasi ilmiah ikan Cupang
Ikan Cupang Akarensis
Ikan Cupang Akarensis
Ikan Cupang Coccina
Ikan Cupang Smaragdina
Ikan Cupang Imbellis
Ikan Cupang Imbellis
Ikan Cupang Splendess

Dalam klasifikasi ilmiah, ikan Cupang termasuk dalam keluarga Osphronemidae, genus Betta, spesies Betta sp. Menurut Fish Identification, hingga saat ini telah diketahui 73 spesies ikan Cupang yang terdapat di alam. Spesies-spesies tersebut dikelompokkan ke dalam kompleks. Pengelompokkan ini dibuat untuk tujuan konservasi, kemudahan budidaya dan penyilangan (breeding).
Saat ini terdapat lebih dari 13 kompleks ikan Cupang, yang paling populer adalah Splendens complex. Antar spesies dalam satu kompleks biasanya bisa disilangkan. Splendens complex terdiri dari lima spesies, di antaranya Betta stiktosBetta mahachaiBetta smaragdinaBetta imbellis, dan Betta splendens itu sendiri.
Kebanyakan ikan Cupang yang dijual di pasaran berasal dari kelompok Splendens complex. Jenis yang paling populer adalah Betta splendens atau sering juga disebut sebagai Siamese fighting fishalias ikan petarung dari Siam. Beberapa silangan dari Betta splendens menghasilkan jenis-jenis ikan Cupang yang menarik. Populasi ikan Cupang di Indonesia cukup berkembang pesat, terbukti dengan adanya kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI) beberapa waktu lalu. Melalui kontes tersebut, munculah beberapa jenis ikan Cupang yang tersebar di Indonesia.
CUPANG ADUAN

Plakat (Petarung) si kekar yang sangar

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
Plakat (Petarung)

Ikan Cupang satu ini berasal dari Thailand, nama Plakat sendiri adalah bahasa Thailand yang artinya petarung. Ikan ini biasa dijadikan ikan Cupang aduan. Sirip dan ekor Cupang Plakat biasanya pendek tidak menjumbai seperti Crown Tail dan Halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan Cupang Plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.
Ikan Cupang Akarensis


Jenis ikan cupang akarensis ini merupakan salah satu jenis dari ikan cupang petarung. Ikan cupang ini sendiri juga sering disebut sebagai ikan cupang sarawak atau sarawak betta.
Untuk ciri fisik dari ikan ini sangatlah unik, di mana terdapat sirip pada bagian analnya yang berwarna kuning transaparan dan dihiasi dengan warna hitam pada sisi-sisinya.
ikan cupang Coccina

Ikan cupang coccina ini juga termasuk jenis dari ikan cupang petarung, di mana ikan ini sering dikenal sebagai Clorat’s Betta.
Ikan ini mempunyai bentuk tubuh silinder, dengan mempunyai warna merah tua dari kepala sampai ekor.
Bagian kepala ikan cupang coccina berbentuk bulat panjang dengan warna perak kekuningan. Untuk bagian sirip pada ikan ini berwarna merah transparan, di mana ikan ini hanya dapat mencapai ukuran 7 cm. Ikan ini juga dikenal dengan nama Cupang Belgi Bangkok di pasaran.
ikan cupang Smaragdina
Jenis ikan cupang petarung selanjutnya adalah Ikan Cupang Smaragdin yang juga dikenal sebagai Emerald Betta.
Bentuk tubuh dari ikan cupang ini pipih dengan kombinasi warna hijau hitam. Kepalanya berbentuk bulat pendek berwarna hitam legam dengan sirip pada bagian insangnya berwarna hitam transparan.
Tetapi sirip pada bagian bawahnya tidak sama dengan ikan cupang jenis lainnya, di mana ukurannya lebih pendek dengan mempunyai warna hitam transparan dan ujungnya berwarna putih.
Untuk sirip pada bagian ekor dan perutnya mempunyai berwarna hijau tua kehitaman dengan totol-totol hitam. Ukuran dari ikan cupang smaragdina hanya bisa mencapai panjang 6 cm. Ikan cupang ini dijual dengan nama Cupang Adu Belgi Singapura di pasaran.

Jenis ikan cupang Imbellis ini dikenal dengan nama lain yaitu Sluger’s Betta. Ikan cupang ini mempunyai bentuk tubuh silinder dengan warna hijau tua dan biru tua metalik.
Kepalanya berbentuk bulat panjang,  di mana ikan ini sendiri dapat mencapai ukuran 5 cm. Jika Anda ingin membeli ikan ini biasanya Anda dapat menyebutnya Cupang Adu Singapura.
Siamase Fighting Fish

Untuk ikan cupang ini juga mempunyai nama lain, yaitu Siamase Fighting Fish. Ikan cupang Splendess ini sendiri merupakan awal mula adanya ikan cupang adu yang saat ini telah tersebar di pasaran.
Bentuknya tubuhnya pipih dengan kepalanya yang terlihat bulat pendek. Ikan cupang jenis ini hanya dapat mencapai ukuran hanya 6 cm.
Ikan ini sendiri juga dikenal sebagai ikan cupang bangkok. Ikan cupang ini sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu jenis dari ikan cupang yang populer dan hingga saat ini masih menjadi primadona ikan cupang adu.

CUPANG HIAS

1. Halfmoon (Bulan Sepotong) ikan indah yang menarik

Gambar Ikan Cupang Halfmoon
Halfmoon (Bulan Sepotong) 

Seperti namanya, ikan Cupang jenis Halfmoon ini memiliki ekor setengah lingkaran. Bentuk setengah bulan akan terlihat bila kita melihatnya dari samping. Ikan Cupang jenis ini memiliki keindahan yang menarik, sehingga para breeder memelihara ikan jenis ini sebagai ikan hias karena memiliki warna merah menyala, kuning menyala, dan warna lainnya yang khas.
2. Ikan Cupang Crown Tail (Serit) asli dari Indonesia


Crown Tail (Serit)

Ikan Cupang jenis ini dinamai demikian karena memiliki ekor yang menyerupai mahkota ketika dibalik menghadap ke atas. Ikan Cupang satu ini adalah asli dari Indonesia, dikembangbiakkan oleh para breeder di daerah Slipi Jakarta. Jenis ikan Cupang serit memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, di mana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan Cupang serit sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

3. Ikan Cupang yang punya ekor terbelah dua? Namanya Double Tail (Cagak)

Double Tail (Cagak) 

Ikan Cupang jenis ini dinamai Double Tail karena ekornya terbelah dua. Ikan ini sangat jarang dijumpai, karena pengembangbiakannya masih cukup sulit. Namun demikian, ikan ini sangat cantik kan?
6. Giant (Raksasa); ikan Cupang yang lebih besar dari jenis ikan Cupang lainnya

Giant (Raksasa) 

Ikan Cupang raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan Cupang lainnya. Cupang raksasa ini dikembangkan dari Cupang Plakat, yang disilangkan dengan Cupang lainnya. Saat ini, terdapat berbagai jenis ikan Cupang raksasa, di antaranya Halfmoon giant, Double Tail giant, dan Crown Tail giant. Saat ini sudah banyak budidaya atau pembenihan ikan Cupang di tanah air yang tak kalah menarik dan bukan tidak mungkin akan menghasilkan spesies baru ikan Cupang.

SUMBER :
https://okdogi.com/jenis-ikan-cupang/

2 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus