Pengangkutan (transportasi) benih
ikan sangat perlu mendapat perhatian sehingga
memerlukan pengetahuan tentang: kepadatan, kualitas benih, jumlah oksigen
terlarut, teknik pemberian oksigen, teknik pemberian antibiotik, kualitas air
(nilai pH, suhu, sifat fisik dan kimia), waktu pengiriman, jarak tempuh, dan
perangkat yang dibutuhkan.
Hal ini terlebih lagi untuk
pengangkutan benih jarak jauh dan dalam jumlah banyak, antara lain, kemampuan
ikan dalam mengonsumsi O2 perlu dicermati. Biasanya, dasar yang digunakan
untuk mengukur konsumsi ikan atas O2 selama pengangkutan adalah berat ikan
dan suhu air.
Jumlah O2 yang dikonsumsi
ikan tergantung jumlah oksigen yang tersedia. Jika kandungan O2 meningkat,
ikan akan mengonsumsi O2pada kondisi stabil, sedangkan ketika kadar
O2 menurun konsumsi ikan atas O2 akan lebih rendah.
Nilai pH, CO2, dan amoniak juga
berpengaruh penting. Nilai pH air merupakan faktor kontrol yang bersifat teknis
akibat perubahan kandungan CO2 dan amoniak. CO2 sebagai hasil
respirasi ikan akan mengubah pH air menjadi asam. Perubahan pH menyebabkan ikan
menjadi stres, dan cara menanggulanginya yaitu dengan menstabilkan kembali pH
air selama pengangkutan dengan larutan bufer.
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
kegiatan pengangkutan benih ikan di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Jenis
ikan
Hal ini disebabkan kebutuhan oksigen untuk
setiap spesies ikan berbeda-beda. Misalnya antara ikan mas dan ikan lele.
2. Usia
dan ukuran ikan
Semakin besar ukuran benih ikan, semakin
besar pula kebutuhan oksigennya.
3. Resistensi
ikan
Benih ikan yang diberi pakan buatan memiliki
daya tahan lebih rentan dibandingkan dengan benih ikan yang diberi makanan
alami.
4. Temperatur
air
Pengangkutan benih ikan harus dilakukan dalam
kondisi temperatur air normal atau lebih rendah. Pengangkutan benih ikan dalam
temperatur air lebih rendah akan mengurangi respirasi ikan sehingga kandungan
oksigen terlarut dalam air tinggi. Temperatur air yang tinggi akan mengurangi
oksigen dalam air. Ikan adalah hewan berdarah dingin, sehingga tingkat
metabolisme ikan dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Tingkat metabolisme ikan
akan berlipat ganda untuk setiap kenaikan 18 derajat F dalam suhu dan dikurangi
setengahnya untuk setiap penurunan 18 derajat F pada suhu. Tingkat metabolisme
berkurang akan menurunkan konsumsi oksigen, produksi amonia dan produksi karbon
dioksida. Oleh karena itu, sangat penting untuk transportasi ikan sebagai suhu
rendah. Untuk spesies air dingin dan hangat suhu 55 derajat sampai 60 derajat F
dianjurkan. Untuk spesies seperti nila dan merah suhu drum yang harus dekat
dengan 60 derajat F. ikan air dingin, seperti trout, mendiami air dingin dan
harus diangkut pada suhu lebih dingin, seperti 45 sampai 50 derajat F.
Untuk mencapai suhu yang diinginkan
transportasi, ikan harus dilakukan di tangki air dingin. Dengan memegang ikan
di tangki selama dua hari, suhu air dapat dikurangi secara bertahap dengan
menambahkan air dingin. Setelah loading ikan ke dalam kantong, menurun akhir
dan pemeliharaan suhu selama transportasi dapat dicapai dengan menambahkan es
atau (lebih umum) gel packs.
Es atau gel kemasan sering
digunakan selama transportasi, khususnya selama periode transportasi lagi yang
mungkin memungkinkan peningkatan suhu. Satu-setengah pon es akan mengurangi
suhu satu galon air sekitar 10 derajat F. Insulated kotak styrofoam pengiriman
juga digunakan untuk mencegah suhu dari luar yang mempengaruhi suhu air
transportasi. Dalam beberapa kasus, 20 sampai 40 liter pendingin yang digunakan
untuk transportasi.
5. Lama
waktu pengangkutan
Semakin dekat jarak tempuh, semakin besar
tingkat hidup benih ikan yang dicapai.
6. Sistem
pengangkutan
Semakin cepat dan mudah sistem pengangkutan
yang digunakan, peluang mencapai keberhasilan dalam pengangkutan pun lebih
besar.
7. Wadah
pengangkutan
Wadah pengangkutan dapat berupa kantung
plastik, blong/dirigen, bak (terbuat dari kaca, fiber atau logam), kreneng
(terbuat dari anyaman bambu).
8. Alat
(kendaraan) pengangkutan
Alat/kendaraan pengangkutan dapat berjalan
kaki, menggunakan sepeda motor, mobil, kereta api, kapal atau pesawat udara.
9. Pengemasan
Pengangkutan benih ikan biasa dilakukan dalam
kemasan kantong plastik dengan kepadatan benih ikan berkisar 5.000-8.000 ekor
untuk setiap 5-8 liter air. Sementara volume oksigen antara 15-20 liter.
Pengemasan dipengaruhi oleh oksigen terlarut. Faktor tunggal yang paling
penting dalam pengangkutan ikan adalah penyediaan konsentrasi oksigen yang
cukup terlarut (DO). Pentingnya penyediaan tingkat yang memadai DO tidak bisa
terlalu ditekankan. Kegagalan untuk melakukannya hasil sehingga dalam stress
berat yang dapat berkontribusi untuk ikan membunuh dua sampai tiga hari setelah
transportasi.
Jumlah oksigen yang dapat dilarutkan dalam
air tawar didasarkan terutama pada suhu air. Air itu disebut sebagai 100 persen
jenuh ketika tingkat kejenuhan atas tercapai. DO jenuh lebih tinggi untuk air
dingin daripada air hangat. Misalnya, di permukaan laut DO kejenuhan air 45
derajat F adalah 12,1 bagian per juta (ppm) tapi pada 60 derajat F, saturasi
adalah 10,0 ppm. Karena oksigen murni digunakan selama transportasi tas, Level
DO dalam air akan jenuh dan tingkat oksigen yang rendah biasanya tidak akan
menjadi masalah kecuali tas yang tidak benar tertutup atau mengembangkan lubang
yang disebabkan oleh duri ikan besar. Sangat penting untuk memiliki volume 75
persen oksigen di dalam tas untuk memastikan difusi oksigen yang cukup di
permukaan air.
Jumlah ion hidrogen (H +) dalam air akan
menentukan apakah itu asam atau dasar. Skala untuk mengukur derajat keasaman
disebut skala pH, yang berkisar dari 1 sampai 14. Nilai 7 dianggap netral,
tidak asam atau dasar; nilai-nilai di bawah 7 dianggap asam; di atas 7 dasar.
Kisaran yang dapat diterima untuk pertumbuhan ikan adalah antara pH 6,5 dan
9,0. PH air akan dipengaruhi oleh alkalinitas (kapasitas penyangga) dan jumlah
karbon dioksida bebas. PH air transportasi juga akan mempengaruhi toksisitas
amoniak. Bahkan di baik buffer pH transportasi air kadang-kadang akan berkurang
sebesar satu unit pH.
a. Benih ikan harus dipilih yang sehat yaitu
bebas dari penyakit, parasit dan tidak cacat. Setelah itu, benih ikan baru
dimasukkan ke dalam kantong plastik (sistem tertutup) atau keramba (sistem
terbuka).
b. Air yang dipakai media pengangkutan harus
bersih, sehat, bebas hama dan penyakit serta bahan organik lainya. Sebagai
contoh dapat digunakan air sumur yang telah diaerasi semalam.
c. Sebelum diangkut benih ikan harus diberok
dahulu selama beberapa hari. Gunakan tempat pemberokan berupa bak yang berisi
air bersih dan dengan aerasi yang baik. Bak pemberokan dapat dibuat dengan
ukuran 1 m x 1 m atau 2 m x 0,5 m. Dengan ukuran tersebut, bak pemberokan dapat
menampung benih ikan mas sejumlah 5.000-6.000 ekor dengan ukuran 3-5 cm. Jumlah
benih dalam pemberokan harus disesuaikan dengan ukuran benihnya.
Cara pengemasan benih ikan yang diangkut
dengan kantong plastik adalah sebagai berikut
a) masukkan air bersih ke dalam kantong
plastik kemudian benih;
b) hilangkan udara dengan menekan kantong
plastik ke permukaan air;
c)
alirkan oksigen dari tabung dialirkan ke kantong plastik sebanyak 2/3 volume
keseluruhan rongga (air:oksigen = 1:2);
d)
kantong plastik lalu diikat.
e) kantong plastik dimasukkan ke dalam dus
dengan posisi membujur atau ditidurkan. Dus yang berukuran panjang 0,50 m,
lebar 0,35 m, dan tinggi 0,50 m dapat diisi 2 buah kantong plastik dan
temperaturnya tetap dipertahankan dengan kisaran 27-290C.
Sumber :
http://mediapenyuluhanperikananpati.blogspot.co.id/2013/10/teknik-pengangkutan-benih-ikan-yang-baik.html
http://wicaramina.blogspot.co.id/2016/11/transsportasi-benih-ikan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar