Senin, 14 Januari 2019

PERSIAPAN PEMBESARAN IKAN MAS


Pendahuluan
Salah satu kegiatan budidaya yang bisa dipilih adalah usaha pembesaran. Pembesaran ikan mas merupakan kelanjutan dari usaha pembenihan, yaitu untuk memproduksi ikan konsumsi. Sebelum memulai usaha, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :
A.        Pemilihan Lokasi
Langkah awal dalam usaha pembesaran adalah memilih lokasi yang cocok dengan usaha budidaya. Lokasi yang tepat merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha budidaya ikan mas. Adapun syarat lokasi budidaya ikan mas meliputi syarat teknis sebagai berikut :
1.      Lokasi dekat sumber air
2.      Kualitas air baik dan tidak tercemar
3.      Air mengalir sepanjang tahun
4.      Jenis tanah tidak porous
5.      Lokasi pada ketinggian 10-700 m dpl
6.      Luas lahan sesuai skala usaha

B.        Menyiapkan Kolam/tempat budidaya
Sebelum membuat kolam, langkah yang juga harus diperhatikan dalam memulai usaha adalah menyediakan sarana dan prasarana. Prasarana yang harus disiapkan berupa bendungan atau penampung. Prasaran ini berfungsi untuk menahan laju air sungai agar bisa dialirkan ke kolam.
Tempat budidaya terdiri dari :
1.      Kolam air tenang
2.      Kolam air deras
3.      Karamba Jaring apung
C.        Menyiapkan pakan tambahan
Menyediakan pakan tambahan sudah menjadi keharusan dalam usaha pembesaran ikan mas. Sarana produksi ini akan dimanfaatkan langsung sebagai makanan. Untuk menyediakan pakan tambahan bisa dengan membuatnya atau dengan membeli pakan pabrikan.

D.       Menyediakan Pupuk
Jika usaha budidaya di kolam pemupukan perlu dilakukan untuk menyuburkan perairan kolam. Kolam yang subur dengan pakan alami sangat

berguna bagi benih ikan yang baru ditebar. Pupuk yang digunakan bisa pupuk organik dan anorganik. Untuk luasan kolam 500 m2 dibutuhkan pupuk orgnik 250 kg. Sementara itu, pupuk anorganik berdosisis 15-25 gram/m2.

E.        Menyedikan Tenaga Kerja
Setiap usaha diperlukan tenaga kerja. Hal ini tenaga kerja itulah yang akan menjalankan kegiatan, mulai dari produksi hingga pemasaran.

F.        Memilih Sistem Pembesaran
Sisitem pembesaran ikan terdiri dari pembesaran ikan monokultur dan polikultur.  Pemeliharan sistem monokultur adalah pemliharan ikan hanya satu jenis dalam satu wadah. Sedangkan polikultur adalah beberapa jenis ikan yang dipelihara dalam satu wadah budidaya.


SUMBER:
Arie Usni, Muharam Cecep. Panen Ikan Mas 2,5 bulan (Jakarta :Penebar Swadaya, 2011)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar